Nama Kelompok :
1. Rahman Kurnianto (15.05.52.0223)
2. Naza Esa Rizki (15.05.52.0269)
3. Ari Tanjung Noor (15.05.52.0292)
LATAR BELAKANG
Seiring dengan
berkembangnya industri bisnis saat ini mengakibatkan beberapa
perusahaan berorientasi pada permintaan pelanggan. Seperti halnya pada
industri bidang pelayanan jasa, khususnya perusahaan jasa kurir yang
memiliki sejumlah pelanggan dari masyarakat umum dan pelanggan corporate
dimana industri bisnis tersebut mampu memudahkan produsen dan konsumen
bertransaksi, meminimalisir waktu, serta memperoleh peluang bisnis baru
dari kebutuhan-kebutuhan pelanggan yang belum tercapai. Pola pikir
konsumen yang berubah seiring perkembangan zaman menuntut
praktisi-praktisi bisnis untuk mengembangkan industri logistik pada
pangsa pasaryang luas. Secara umum ada banyak faktor yang mempengaruhi
kualitas pelayanan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada bidang
layanan jasa.
PT.
RNA Express adalah perusahaan jasa kurir pengiriman paket dalam wilayah lokal
maupun internasional, pengembangan produk dan layanan yang diberikan
antara lain yaitu menyediakan jasa kurir express, logistik,money remittance (transfer uang) trucking, air&sea cargo, escort (Jasa penjemputan bandara), hingga customer clearance (jasa kapabean).
Pelayanan jasa pengiriman barang yang diberikan PT. RNA Express semakin beragam dan inovatif, Brand trust dan
Loyalitas pelanggan sangat menentukan kualitas pelayanan yang diberikan
dapat sesuai dengan harapan mereka. Mempertahankan pelanggan yang
loyal, serta menjaga agar tidak beralih ke jasa pengiriman barang
sejenis merupakan hal yang penting untuk mengikat pelanggan-pelanggan
PT. RNA Express. Untuk itu perusahaan perlu membangun strategi pemasaran seperti
harga yang terjangkau, promosi penjualan yang efektif untuk
menarik pelanggan baru, customer service yang sigap dalam melayani pelanggan, serta jaminan pada resiko kehilangan atau kerusakan pengiriman paket yang
berdampak terhadap Brand Trust dan Loyalitas Pelanggan jasa PT. RNA Express.
HUBUNGAN ANTAR PERAN
SISTEM KERJA JNE
1. Customer membawa barang yang akan dikirim ke agen RNA Express terdekat.
2. Petugas RNA Express menginformasikan kepada customer tentang tarif pengiriman.
3. Setelah disetujui, petugas mempacking barang dan menyalurkan ke kantor
RNA Express pusat, setelah mengkonfirmasikan alamat, RNA Express mengirim paket ke agen RNA Express terdekat alamat yang dituju.
4. Agen RNA Express terekat menerima barang.
5. Kurir agen mengirimkan barang tersebut ke alamat yang dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar